Refleksi Panggilan Jiwa

Den Haag, 3 Desember 2012

 

Ceritanya di term perkuliahan ini, saya harus mengerjakan empat buah essay dgn panjang yang berbeda-beda, dari hanya 1000 kata hingga 4000 kata.

Yah tentu konteks ‘kata’ ini tidak bisa ditelan mentah-mentah. karena yang saya rasakan menulis 50 kata pertama itulah bagian yang paling sulit. Apalagi bahasa inggris yang bukan bahasa kita.

dalam tugas essay ini, saya diharuskan mengerjakan (atau lebih tepatnya saya memilih) empat tema yang berbeda. Pertama tentang industrial policy, kedua tentang local governance shift, ketiga tentang regionalism and global govenance, dan yang terakhir tentang market and private interest governance.

menarik memang memaksa diri untuk belajar yang berbeda-beda. dalam satu paper saya percaya ratusan halaman paper ataupun buku saya baca. dari konsep disana, teori disini, dan aplikasi dimana-mana dan akhirnya saya dituntut untuk merefleksikan itu semua, dan di sintesakan dalam kata dan kalimat dalam tugas essay ini.

tantangan selanjutnya yah tentang bahasa, bagaimana…

Lihat pos aslinya 137 kata lagi

