Refleksi Panggilan Jiwa

Den Haag 15 Desember 2012

Ceritanya saya sedang menulis makalah tugas kuliah, tema nya kapitalisme neo-liberal. tema ini cukup menarik memang karena banyak skeptisme tentang apakah pendekatan ekonomi ini akan berjalan dan berhasil ?

meski sayangnya di Indonesia diskusi tentang kapitalisme neo-liberal hanya sebatas label yang sangat barat dan lain-lainnya. itu benar adanya, tetapi menurut saya ada baiknya saya juga mendalami sedikit banyak agar punya perspektif yang lebih bisa dipertanggungjawabkan.

satu sisi yang menarik dari para pakar kapitalisme neo-liberal ini, mereka seakan ‘ngotot’ bahwa semua masalah di dunia ini akibat kapitalisme tidak berjalan.

permasalahan buruh terjadi karena pasar tidak dibiarkan bekerja secara sempurna. permasalahan lingkungan terjadi karena pemerintah intervensi pengelolaan alam. masalah sosial dan barang publik juga terjadi karena bukan swasta yang kelola. tantangan ketidakseimbangan pembangunan terjadi karena swasta tidak dibiarkan mengatur dirinya sendiri dan membuat standar yang sesuai dengan equilibrium.

alangkah indahnya bila memang ternyata masalah di dunia ini…

Lihat pos aslinya 114 kata lagi

Iklan