Refleksi Panggilan Jiwa

Den Haag, 16 Desember 2012

 

Ceritanya sebagai konsekuensi logis beraktivitas di Perhimpunan Pelajar Indonesia adalah kesempatan untuk bertemu para pemuda berbakat dan juga masyarakat Indonesia di Belanda.

Bertemu dengan para pemuda berbakat ini, membuat saya semakin yakin bahwa Indonesia punya banyak alasan untuk menjadi negara berdaya saing dalam waktu dekat. Saya telah bertemu puluhan mahasiswa Ph.D yang memiliki karya yang sangat fenomenal, dan mereka juga memiliki nasionalisme yang tinggi. Saya percaya, selain mahasiswa Ph.D kita juga memiliki ratusan mahasiswa bachelor yang memiliki cara pandang global dan siap untuk bisa memberikan warna baru dalam pembangunan Indonesia. Dan juga tentunya ribuan mahasiswa Master yang memiliki antusiasme tinggi sebagai agen perubahan.

Bertemu masyarakat Indonesia di Belanda merupakan cerita tersendiri. Mereka berkarya dan juga menjadi ‘duta’ Indonesia di Belanda. Ada yang melalui pargelaran budaya, menjadi chef dan membuka restoran Indonesia, ada yang membuka sanggar angklung dan padepokan pencak silat. Mereka memilih tinggal di…

Lihat pos aslinya 64 kata lagi

Iklan