Tag

, , ,

Cinta itu kata kerja. Sering terngiang di telinga bahasa itu akhir-akhir ini. Dan cinta itu memberi, kata Anis Matta

ya, dan memberi itu adalah kata kerja. Ada konsekuensi ketika mencintai. Apapun itu, entah buku, makanan, pekerjaan, atau orang. Perlu energi untuk itu, ada pengorbanan dan ada tindakan melakukan sesuatu.

Saat aku mulai lelah dengan kehidupan (ciee, #lebay), aku membaca lagi buku Serial Cinta karangan Anis Matta. Dengan oksigen yang semakin sedikit masuk paru, aku mulai merunut satu-satu. Sudah benarkah caraku dalam mencintai, atau belum. Sudahkah aku mencintai diriku, hidup dan sekitar dengan cara mencintai yang benar?

Sudahkan rasionalitas yang berkata atau semata emosi sementara? Penolakan dan pengiyaan, apakah sudah benar tempatnya? Sudahkan terpikir akan efek setelahnya? Atau cuma sekedar mengekor pada pendapat umum atau pendapat para otoritas di atasku?

Seberapa lama duduk dan merenung tentang diri? Apakah aku sudah berteman dengan baik dengannya? Mengevaluasi dan meningkatkan kemampuan? Atau sibuk dengan pikiran hingga lupa bahwa ada porsi-porsi yang seharusnya teperhatikan?

Dingin bukittinggi malam ini tak lagi terasakan…

Lintasan-lintasan pikiran yang kadang membuatku lupa bernafas. Pada sederetan target dan pencapaian yang tergambar jelas di beberap centi di depanku.

Tidak, kali ini tak akan ku salahkan pikiran, tak akan kusalahkan jasad dan tak akan kusalahkan nurani. Saatnya ku dudukkan mereka bersama, di satu meja. Mereka -para diriku- musti sadar bahwa mereka punya porsi yang adil.

dan siapa yang pegang kendali agar mereka tak bertengkar?

Aku

dan harus ada jalan keluar
dan harus ada ketegasan
harus ada pelunasan
hingga efek itu terasa kesemesta

pikirku melihat jauh
dan tulisan ini
entah kenapa
berujung puisi…

biarlah
saat ini
akan kembaliku
pada bacaan
dan berteman diam

agar jelas kabut yang ku lihat di depan
agar bisa kuatur nafas

untuk berlari lebih cepat
dan bergerak lebih ligat
serta membuat keputusan dengan tepat dan cepat

ah, apa ini?
sudahlah

kuakhiri tulisan ini

Iklan